Friday, April 30, 2010

TARAKAN KOTA BAIS

Kata BAIS adalah semboyan Kota Tarakan atau juga biasa di sebut TARAKAN KOTA BAIS.
Kata BAIS sendiri bukan hanya sekedar kata-kata yang dijadikan semboyan Kota Tarakan tanpa mempunyai arti.
Kepanjangan kata BAIS adalah :
B : Bersih
A : Aman
I : Indah
S : Sehat dan Sejahterah
Bersih ,aman,indah, sehat dan sejahterah adalah kata yang digunakan oleh Kota Tarakan sebagai kata yang melambangkan tujuan Kota Tarakan untuk mewujudkan Kota Tarakan menjadi little singapore ,atau memnjadi singapore yang ke dua.
Untuk itu Kota Tarakan memnggunakan semboyan ini untuk mengayomi masyarakat kota Tarakan untuk bersama-sama mewujudkan mimpi Kota Tarakan ini.

Bersih
Banyak sekali perkembangan yang kita lihat di Kota Tarakan selama ini, kita lihat saja ruas-ruas disepanjang jalan raya di Kota Tarakan ini sampah-sampah yang dulu banyak berserakan sudah mulai tidak terlihat bahkan sudah terlihat lagi.Semua itu bukan hanya sekedar dari usaha pemerintah saja melalui dinas kebersihan atau biasa disebut DKPP,tapi itu semua juga berkat bantuan dan kerjasama dari seluruh masyarakat kota Tarakan.
Kita sebagai masyarakat kota Tarakan seharusnya patut berbangga hati karna kita sudah semakin dekat dengan tujuan kita untuk membangun kota Taraan ini menjadi THE LITTLE SINGAPORE ,akan tetapi kita jangan terus bangga dan berhenti di situ saja, akan tetapi kita akan terus bekerja sama untuk mewujudkan mimpi kota kita ini,dan semboyan Tarakan Kota BAIS akan terus kita pegang di hati kita semua sebagai masyarakat kota Tarakan dan kita wujudkan melalui tindakan kita sehari-hari dan bukan hanya sekedar menjadi semboyan di bibir kita saja,karna kalau bukan kita sebagai masyarakat kota Tarakan siapa lagi yang akan membangun kota Tarakan tercinta ini.

Aman
Dari segi keamanan,kota Tarakan bisa dibilang kota yang cukup aman,karna bila dibandinkan dengan kota lain, tngkat kejahatan atau tingkat kriminallitas di kota ini masih sangat sedikit, Hanya sekarang tingkat kejahatan atau kasus kriminal yang sering terjadi di kota ini adalah kasus perampokan tambak,para aprat keamanan sudah berusaha untuk mengatasi kasus ini akan tetapi berhubung Tarakan adalah kota yang dikelilingi oleh laut atau bisa dibilang Tarakan adalah kota yang berada ditemgah-tengah laut maka usaha tambak adalah usaha yang menjanjikan di kota BAIS ini,untuk itu peran aparat keamanan saja tidak cukup untuk mengatasi masalah kriminal ini untuk itu peran serta masyarakat terutama masyarakat pemilik tambak untuk bersama-sama membantu aparat keamanan memerangi para pelaku kejahatan di area tambak ini,dan mengurangi tindakan kriminal di Tarakan Kota BAIS ini.

Indah
Selain kebersihan kota ,Tarakan juga berusaha untuk memperindah dirinya,dalam hal inio pemerinta kota Tarakn membuat taman yang digunakan untuk memperindah kota Tarakan ini,beberapa taman tersebut terletak di beberapa wilayah kota Tarakan,salah satu taman yang paling terkenal di wilayah kota Tarakn ini adalah taman oval.
Taman oval yang berfungsi untuk memperindah kota ini tapi selain itu taman oval juga difungsikan sebagai tempat hiburan keluarga.
bukan hanya itu pembangunan gedung -gedung dikota ini juga semakin meningkat daan itu membuat pemerintah semakin serius untuk mengaturnaya melalui tata kota. Salah satu pembangunan yang merupakan proyek besar pemerintah adalah pembangunan islamic centre yang berada dilokasi kampung 4.

Sejahterah
Kesejahteraan rakyat Tarakan juga menjadi salah satu masalah yang masih berusaha untuk di pecahkan oleh pemerintah kota Tarakan.Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarak kota Tarakan pemerintah melakukan usaha antara lain dengan meningkatkan kualitas sumber daya masyarakat kota Tarkan ini melalui beberapa aspek antara lain asdpek pendidikan,Pemerintah membangun sekolah bertaraf internasional (sbi), SMP negeri 1 contohnya,pemertintah mulai menambahkan tenaga-tenaga pendidik yang lebih profesinal dan tenaga-tenaga pendidik yang lama disekolahkan kembali agar memenuhi standar kulitas tenaga pendidik untuk sekolah bertaraf internasional. Selain itu pemerintah juga membuka tempat pelatihan keterampilan masyarakat agar masyarakat tersebut siap terjun ke dunia kerja.

Munkin masih banyak lagi usaha pemerintah dan masyarakat kota Tarakan ini untuk membangun Tarakan Kota BAIS ini mencapi tujuannya menjadi THE LITTLE SINGAPORE yang belum atau tidak sempat saya jelaskan,akan tetapi intinya marilah kita semua saling bergandengan tangan untuk membangun Tarakan Kota BAIS yang kita cintai ini.


0 comments:

Post a Comment